Jumat, 12 November 2010

Belajar Menjual

Banyaknya produsen berbagai merek dalam satu jenis item kebutuhan barang/produk memaksa para produsen untuk terus mengevalusi pola pengiriman dan distribusi barang / produk yang di produksi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi produsen karena pola distribusi yang akan diciptakan membutuhkan sistem dan cara yang akan melibatkan banyak orang dan teknologi yang paling up date karena, kalau tidak maka konsekwensinya adalah dianggap ketinggalan. Sehingga konsumen yang loyal selama ini akan beralih ke produk lain.

Untuk memulai Usaha terlebih dahulu kita mengetahui apakah usaha yang kita buka saat ini menjadi usaha bernilai tinggi dan berkesinambungan atau usaha bernilai tinggi bersifat sementara. untuk itu kita harus pelajari apakah usaha yang kita kerjakan untuk mepromosikan produk lain atau menanamkan merek produk yang sedang kita rintis.

Berikut dasar - dasar pemasaran :
Hubungan Sales dan Marketing
Sales baru bekerja setelah produk sudah tersedia sedangkan marketing sudah sibuk jauh hari sebelum produk diluncurkan. Adalah marketing yang merancang strategi produk melalui apa yang kita kenal dengan Segmentasi, Targeting dan Positioning (STP). STP itu lalu diwujudkan dalam marketing mix yang terdiri dari Product, Price, Place dan Promotion (4P).
Setelah strategi marketing selesai dirumuskan, produk sudah jelas STP-nya, barulah sales bekerja. Jadi marketing ada di tingkat pemikiran sedangkan sales pada level pelaksanaan. Jika pemikirannya betul, maka pelaksanannya pun betul.
Ibarat di dunia militer, marketing adalah saat dimana rencana penyerbuan disusun. Di mana lokasi musuh, berapa kekuatannya, berapa banyak logistik yang harus disiapkan dan bagaimana cara menjangkau lokasi. Jika strategi benar, eksekusinya benar.
Dengan demikian salesman tahu harus fokus ke konsumen yang seperti apa ketika menjual produk, tidak asal ketemu orang, langsung menawarkan produk. Salesman juga tahu harus ngomong apa ke konsumen, apa yang membedakan produknya dengan kompetitor. Salesman know what to expect sehingga mereka bisa lebih efektif.
Secara singkat marketing is the brain sedangkan sales is the muscle.
Masih banyak perbedaan sales dan marketing, silakan menambahkan sendiri sesuai dengan pikiran atau pengalaman Anda.

1 komentar:

  1. pak, saya salah satu yang menyukai tulisan Bapak, Mohon informasi marketing dapat di up date min 1 kali satu minggu, terima kasih

    BalasHapus

PRODUK KAMI

  LIHAT KATALOG PRODUK KAMI DI